Pages

Thursday, June 7, 2018

Es Krim Sayur Hadir Dengan Rasa Unik

Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??
Es Krim Sayur Hadir Dengan Rasa Unik

Dalam perjalanan yang berliku-liku antara sejarah dan geografi, es krim telah berevolusi dari pencuci mulut bagi kaum bangsawan menjadi makanan jalanan yang dicintai oleh semua orang. Kala itu tidak ada pendingin seperti kulkas dan freezer.

Jadi tiap waktu, mereka harus mengambil es dari danau, gunung, atau kolam yang membeku saat musim dingin. Pola penyimpanannya pun masih tradisional banget, yakni menggunakan tumpukan jerami, tanah yang berlubang, atau tempat penyimpanan es berbahan kayu. Dengan begitu, mereka dapat menikmati es meskipun musim panas sudah tiba.

Cangkir es pertama ditemukan di daratan Cina pada tahun 200 SM. Masyarakat Cina kala itu membuat hidangan bagi rajanya, Kaisar Tang dari dinasti Shang, berupa penyajian es krim yang dicampur dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Maka, jadilah adonan es krim seperti yang kita kenal sekarang. Sekaligus kreasi tersebut menjadikan masyarakat Cina sebagai penemu mesin es krim pertama.


Ia selalu mencari bayam ketika dirinya membutuhkan bantuan. Kampanye melalui film serial kartun ini bisa dikatakan berhasil, sebab konsumsi bayam bagi penduduk Amerika Serikat saat itu tercatat mengalami peningkatan hingga 40 persen.
Es Krim Sayur Hadir Dengan Rasa Unik
Ia selalu mencari bayam ketika dirinya membutuhkan bantuan. Kampanye melalui film serial kartun ini bisa dikatakan berhasil, sebab konsumsi bayam bagi penduduk Amerika Serikat saat itu tercatat mengalami peningkatan hingga 40 persen.

Masih ingat film serial kartun POPEYE The SAILOR MAN ??
Ini makanan dia, SAYUR.
SAYUR khususnya BAYAM mengandung vitamin K dan vitamin A yang dapat membantu anda melawan peradangan dan menjaga *tulang tetap kuat.*
Sekaligus pula, rutin makan sayuran hijau, termasuk bayam terbukti mampu menurunkan resiko dimenia di masa tua.
DEMENSIA = PIKUN.
Mengapa ? Kandungan lutein, folat, dan beta-karoten yang terdapat pada bayam menjaga sel-sel pada otak untuk tetap berfungsi dengan baik.
 
"Es krim, awal nya jelas merupakan kemewahan yang hanya dapat dinikmati oleh para bangsawan. Mengapa ?? Karena tidak semua orang saat itu memiliki kemampuan untuk mengirim budak ke pegunungan guna mengumpulkan salju bagi mereka." Wikipedia.
Es Krim Sayur Hadir Dengan Rasa Unik
"Es krim, awal nya jenis makanan baru yang kemewahannya hanya dapat dinikmati oleh para bangsawan. Mengapa ?? Karena tidak semua orang saat itu memiliki kemampuan untuk mengirim budak ke pegunungan guna mengumpulkan salju bagi mereka." Wikipedia.

Bagaimana bila jumlah sayurnya sedikit, paling hanya sekedar digunakan untuk kebutuhan sendiri. Kalau banyak ??

Hmmmm. . . . . . ."Jawabannya adalah pola penanaman sayur dengan cara Hidroponik," ujar Anyer Bakery tegas.

Memiliki kebun sayur sendiri dengan tujuan untuk mendapatkan sumber daya yang hemat bagi uang belanja, itu juga salah satu keuntungan lain yang dapat diraih. Kondisi seperti ini sangat didambakan oleh ibu-ibu rumah tangga, karena perihal harga, mereka lah yang menentukan.

Fakta menyatakan bahwa pola tanam hidroponik cenderung menggunakan sumber daya air hingga 90%. Lingkungan yang lebih terkontrol dan panen yang stabil merupakan faktor penting lainnya. Kalaupun ingin menjualnya, itu tidak mudah, karena jumlah permintaan pasar yang akan menentukan. Selama petani hidroponik tersebut konsisten menjaga kualitas produk, bukan tidak mungkin bila jumlah permintaan diyakini akan meningkat.

Warna-warna hijau yang segar secara tegas menyuguhkan suasana asri dan sehat. Ide-ide baru muncul mengikuti selusinan tanaman yang kerap ingin selalu diperhatikan. Luar biasa kandungan rasa yang dihasilkan. Mungkin cara klasik untuk mencicipi kelezatan hasil panen, yakni menyajikan irisan sayur diantara 2 potong roti yang dihaluskan bersama telur, daging dan saus tomat nan nikmat. Atau bisa disebut burger.

Alternatif lainnya. . . . . .

Es krim sayur adalah Alternatif Baru bagi penggiat kuliner yang ingin menikmati lembutnya es krim, tanpa takut akan bahaya kesehatan. Pembuatan es krim terbilang mudah, layaknya proses memproduksi es krim pada umumnya. Membutuhkan bahan tambahan dan peralatan.

Dari segi tampilan, sepintas es krim yang disajikan hampir sama dengan es krim di kafe-kafe. Es krim dihiasi topping dan taburan unik agar tampilannya lebih cantik. Tapi begitu dimakan, ada rasa berbeda yang tak dijumpai pada es krim lain. Rasa sayuran terasa kuat bercampur dengan manisnya es krim. Es krim wortel tetap terasa wortelnya, es krim brokoli terasa brokolinya. Begitu juga dengan rasa lain.

Bila dilihat dari perspektif bisnis, menjual es krim sayur juga sangat skalabel; Anda dapat memperluas ruang pemasaran dengan beberapa gerai atau memaksimalkan peran kendaraan sepeda kayuh agar lebih comfort di hati masyarakat. Ruang pemikiran yang idealis, namun tetap moderen juga sangat penting rupanya.

 Proses pembuatan sayur, diawali dengan dipilih aneka jenis tanaman sayuran hidroponik yang ditanam pada lahan minimalis di halaman rumah.
Es Krim Sayur Hadir Dengan Rasa Unik
 Proses pembuatan sayur, diawali dengan dipilih aneka jenis tanaman sayuran hidroponik yang ditanam pada lahan minimalis di halaman rumah.

Sekilas info: Perjalanan ES KRIM SAYUR di Indonesia.

Beragam sajian es krim ini begitu segar dan menggoda rasa. Bukan es krim biasa, namun produk ini dibuat dari sayuran organik. Berawal dari kegemaran bertani dengan menggunakan pola tanam hidropinik, ibu-ibu ini ciptakan inovasi es krim berbahan aneka sayuran.

Ibunda Rahma Yetti dan Sri Wahyuni Diah Handayani berasal dari kota yang berbeda. Rahmat Yetti berdomisili di Medan, SUmatera Utara, sedangkan Sri Wahyuni bereksperimen bermsa Ibu-Ibu UKM di kabupaten Jember, sampai mendapat cara, serta resep memadankan sayur pada es sampai pas.

Walau memiliki lahan sempit, sayuran merupakan hasil kebun sendiri dari konsep urban farming. Mereka selalu memastikan kebersihan dan kualitas setiap lembar daun bagi bahan es krimnya. Mulanaya hanya memproduksi es krim untuk keluarga. Lama ke lamaan pesanan pun mengalir, sampai kini mereka memproduksi dengan jumlah banyak.

Es krim sayuran hidroponik memiliki harga jual sebesar Rp. 1.500 hingga 3 ribu rupiah per porsi. Selain melayani pesanan langsung untuk acara-acara khusus, mereka pun rutin memperkenalkan es krim andalan ke berbagai acara bazaar dan pameran. Sewaktu awal, tak kurang lebih dari 50 es krim ludes terjual per harinya. Kini, berbagai pesanan dari koperasi dan sekolah di wilayah sekitar telah memenuhi jumlah peningkatan akan permintaan.

"Jadi terasa sayurnya. Dengan kandungan sayurnya, jadi beda dengan es krim biasanya. Kalau terasa mentahnya, tak ada. Jadi terasa segar aja, kemudian tekturnya lembut," ujar Atik, konsumen es krim sayur.

Proses pembuatan es krim sayur cukup mudah untuk diikuti:
  1. Pada awalnya, sayur mayur direbus untuk diambil sarinya.
  2. Kemudian sarinya diolah dengna bahan lain, seperti gula dan susu (cream).
  3. Setelah tercampur, adonan dikukus selama 30 menit. Lalu di aduk menggunakan mixer.
  4. Masukkan hasil olahan ke lemari es sampai membeku dan es krim pun siap untuk dinikmati.

Beberapa tips dan tutorial bagi penjual es krim dari para AHLInya :

Bunga Deviani, founder Froz Banana.
1. Kita omsetnya itu sekitar 10-25 juta / bulan. Kalau misalkan memang buat modal minim, cocoknya jualaan melalui sosial media, seperti Instagram, Facebook, dsb. Itu kan modalnya minim.
2. Supaya penjualannya naik tuh, kita enggak hanya cuma bisa difoto, habis itu foto jelek di Instagram. Jadi kita harus memiliki fotonya yang jelas dan keren. Kalau bisa sih pakai kamera biar hasil fotonya bagus. Terus feet penjelasannya harus tersusun dengna rapi dan menarik, jadi enggak berantakan.
3. Menggunakan service berbentuk jasa online. Endorsement kan sedang ngetrend banget. Kayak Food blogger, Go Food, serta banyak lagi.

Apa kita khusus untuk membuat es krim buah dan sayur. Supaya mungkin enggak gagal atau gimana ??
Jawab: Fajri, pendiri es krim Masbash.
Komposisi sih. Jadi komposisi cream, susu, dan gula itu paling penting. Dan bahannya harus yang paling fresh.
Perbandingannya ??
Gulanya itu harus 1/3 adonan. Karena gula itu akan membentuk tektur. Kalau gulanya sedikit, es krimnya juga asing. Kalau gulanya makin banyak, es krim nya makin creamy. Makin sebagi pengikat lah, bisa dibilang.

Coba anda bayangkan. Bermodalkan 2 buah jagung, pria lulusan ITB ini bisa mengolah jagung terebut menjadi 20 buah es krim. Tahapan finishing good ditunjuk sebagai penyajian sebenarnya, yang mana proses itu juga dibantu oleh berbagai aneka bahan lainnya, serta pula kinerja mesin yang lengkap dan canggih. Read more . . . .

Kalau pada video kali ini, ada sesuatu yang menarik nih bagi pembaca Anyer Bakery. Mbak Nur An Nisa, pengusaha es krim sayur, menyatakan bahwa proses pembuatan es krim sayur itu bisa memanipulasi rasa. Dalam contoh di sesi acara Indonesia Morning Show, ia memperagakan secara mendetail tentang cara membuat es krim, lengkap dengan proses pembuatan, serta juga penjelasan.

Mmmm. . . .Es krim, tapi rasanya kulit pisang banget. Jadi bahan yang dikumpulkan sama sekali tidak menggunakan daging pada pisang. Lengkap dengan tutorial pembuatannya, Anyer Bakery tidak akan mengecewakan anda dan para mahasiswa Universitas Brawijaya pun sangat bangga dengan produk asli Indonesia.

Yuk kita simak sama-sama.





Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??

Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??


Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??

Rasa manis yang menyegarkan, sehingga bisa dijadikan kudapan menarik bagi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Solutif banget yah ??



AB Blogger
ANYER BAKERY Updated at: 8:59 AM

4 comments:

  1. wah ini buat anak yang gak suka sayur bisa ya

    ReplyDelete
  2. Bahan-bahannya mudah ditemukan di pasar-pasar dan cara pembuatannya tidak sulit.
    Mmmm.. . .Rasanya manis banget. Udah gitu, aman dikonsumsi oleh siapa saja.

    ReplyDelete
  3. Ini dia makanan sehat cantik nan enak...
    Seumur umur blm pernah nyobain eskrim sayur. Pengen nyobain jg

    ReplyDelete
  4. Setahu saya, anak-anak atau orang dewasa yang tadinya enggak suka sayur. Berkat olahan yang menarik dan lezat, menu es krim sayur akan menjadi asupan favorit, terutama di pagi hari.

    Lebih bagus lagi. . . .
    Digabungkan dengan kegiatan berolah raga.
    Mmm m m m . . . . Alhamdulillah hirobbil Alamin

    Terima kasih Ibunda Daruma atas komentarnya.

    ReplyDelete